Minggu, 06 November 2022

Momentum itu perlu dirayakan

Saya sedang menyortir berkas-berkas lama saya di harddisk ketika saya tiba-tiba berhenti di salah satu folder berisikan kumpulan foto lama saya. Saya berhenti dan termenung melihat foto-foto tersebut, seketika saya bernostalgia kembali


Mendadak saya sadar, waktu telah berlalu dengan cepat. Saya ingat dulu ketika masih SMP saya ingin cepat-cepat lulus sehingga bisa masuk SMA. Ketika SMK, saya berharap bisa cepat-cepat menyelesaikan ujian nasional dan lulus sehingga saya bisa merasakan bangku kuliah.

ada sedikit rasa penyesalan di dalam diri saya. Saya tidak benar-benar menikmati momen-momen masa lalu dengan senikmat-nikmatnya. Saya seharusnya bisa lebih menghargai momen tersebut dan bukannya lebih banyak berpikir tentang masa depan.

Stop thinking about the future and anything else, just enjoy living in the present.

Seberapa sering kita duduk dan termenung lalu berpikir tentang hal-hal di masa depan yang ingin kita wujudkan? Seberapa sering kita merasa bosan dan berharap untuk waktu berlalu lebih cepat? Seberapa sering kita tidak menghargai momen bersama orang-orang di sekitar kita dan memilih menciptakan momen bersama hp kita?

Masa depan itu penting. Tetapi coba sekali saja, nikmati momen saat ini. Nikmati makananmu tanpa harus berpikir mengenai rencana hari esok. Nikmati waktu mandimu tanpa harus menyusun rencana liburanmu. Nikmati kebersamaan bersama orang lain tanpa harus melihat postingan orang lain di Instagram. Nikmati momen saat ini, tanpa harus melihat momen di masa depan.

Tidak perlu khawatir dengan apapun rencanamu di masa depan. Hal yang harus dikhawatirkan adalah ketika kamu berhasil mencapai rencana tersebut dan termenung sedih dengan masa lalu yang tidak berhasil kamu nikmati dengan baik.

Teruntuk kamu yang masih SMP, nikmatilah setiap hari pergi sekolah, belajar dan mengerjakan PR. Teruntuk kamu yang masih SMA, nikmatilah setiap hari berkumpul dengan teman-teman di sekolah, bercanda gurau dan dimarahi guru. Teruntuk kamu yang masih kuliah, nikmatilah setiap waktu lelah yang kamu dapat, tugas-tugas deadline serta kebersamaan bersama teman-teman di kampus.

Teruntuk kamu semua, nikmatilah momen bersama orang-orang di sekitarmu. Ciptakan momen yang terbaik, karena momen itu susah diulang dan pada akhirnya orang-orang di sekitar kita akan hilang dari hidup kita, bahkan kita sendiri nanti akan hilang dari kehidupan ini. Maka, nikmatilah momen yang ada sekarang ini, tidak perlu khawatir dengan apapun.

Hidup terlalu singkat untuk selalu khawatir dengan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dikhawatirkan.

source : https://id.quora.com/profile/Jericho-Siahaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar